Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Alokasi waktu : 1 x 45 menit
Standar kompetensi:Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar : Merespon makna dan langkah retorika secara akurat lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
Indikator :
· Menemukan makna tertulis dan tersirat dalam teks descriptive
· Menemukan informasi rinci dari teks descriptive.
Jenis teks : Descriptive
Aspek/ Skill : Reading comprehension
A. Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1. Menjelaskan gagasan umum dari teks descriptive
2. Menemukan makna kata tertentu dalam teks descriptive
B. Materi Pelajaran
1. Teks monolog pendek Mr. Kartolo, the farmer.
2. Kosa kata yang berhubungan dengan teks mr. Kartolo The farmer
C. Metode/ Teknik : Cooperative learning
D. Langkah langkah kegiatan
Kegiatan awal
Memberi salam dan menanyakan keadaan siswa, mengecek kehadiran siswa.
Kegiatan inti
· Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
· Guru membaca teks Mr.Kartolo The Farmer dengan baik dan benar
· Siswa menjelaskan gagasan umum dan informasi rinci dalam teks dengan cara diskusi dengan teman kelompoknya
Kegiatan akhir
a. menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana yang diberikan
b. Evaluasi
E. Sumber Belajar
- Buku Paket Bahasa Inggris
F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : pertanyaan tertulis
3. Instrumen : Terlampiri
EmoticonEmoticon